Friday, February 24, 2012

I'm singing my blues...

Hari Rabu tanggal 22 Februari kemarin, single pertama berjudul "Blue" dari mini album terbaru Big Bang "Alive" keluar dan sudah bisa dinikmati di Youtube. Lagunya cukup berbeda dari lagu-lagu sebelumnya. Sebelum lagunya keluar, saya dan teman saya Oye sudah dengar sedikit teasernya. Menurut Oye, "terdengar lebih mature". Kalau menurut saya lagunya agak ballad gitu. Tapi terdengar enak dan pasti oke nih lagu.

Hhhmmm.. Harus saya akui, saya memang menyukai seluruh lagu dari Big Bang. Karena buat saya pribadi, lagu-lagu mereka enak didengar. Walaupun jujur saja, saya tal begitu menyukai Seungri ketika nyanyi solo, karena suaranya agak gimana gitu. Tapi sudahlah, saya maafkan. Hehehe..

Balik lagi ke single baru mereka. Berikut lirik lagu "Blue" yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Inggris.
The winter had passed
And the spring has come
We have withered
And our hearts are bruised from longing

(i’m singing my blues)
Used to the blue tears, blue sorrow
(i’m singing my blues)
The love that i have sent away with the floating clouds, oh oh

Under the same sky, at different places
Because you and i are dangerous
I am leaving you
One letter difference from 'nim'^
It’s cowardly but i’m hiding because i’m not good enough
Cruel breakup is like the end of the road of love
No words can comfort me
Perhaps my lifetime’s last melodrama
Now its final curtain is coming down

I was born and i met you
And i have loved you to death
My cold heart that has been dyed blue
Even with my eyes closed, i can’t feel you

The winter had passed
And the spring has come
We have withered
And our hearts are bruised from longing

(i’m singing my blues)
Used to the blue tears, blue sorrow
(i’m singing my blues)
The love that i have sent away with the floating clouds, oh oh

I feel like my heart has stopped beating
You and i, frozen there, after a war
Trauma, that has been carved in my head
Once these tears dry up, i will moistly remember my love
I’m neither painful nor lonely
Happiness is all self-talk
I can’t stand something more complicated
It’s no big deal, i don’t care
Inevitable wandering, people come and go

I was born and i met you
And i have loved you to death
My cold heart that has been dyed blue
Even if you have left, i’m still here

(i’m singing my blues)
Used to the blue tears, blue sorrow
(i’m singing my blues)
The love that i have sent away with the floating clouds, oh oh

Again tonight, underneath that blue moonlight
I will probably fall asleep alone
Even in my dreams, i look for you
And wander around while singing this song

(i’m singing my blues)
Used to the blue tears, blue sorrow
(i’m singing my blues)
The love that i have sent away with the floating clouds, oh oh

(i’m singing my blues)
Used to the blue tears, blue sorrow
(i’m singing my blues)
The love that i have sent away with the floating clouds, oh oh
Lirik dan musik cukup melankolis. Kalau beberapa review yang saya baca, mengatakan lagu "Blue" masuk genre elektronik ballad. Kalau berdasarkan kesoktahuan saya, lagu ini seperti menunjukkan suatu kebangkitan dari masa lalu yang suram. Seperti kalimat pertama dari lirik ini "The winter had passed, and the spring has come", (lagi-lagi) analisis kesoktahuan saya mengatakan bahwa kalimat pertama itu berarti musim sudah berganti jadi saatnya untuk bangkit. *Maaf, ini hanya pendapat saya pribadi. Kalau tak terima, ya silakan saja.* Kalau berdasarkan review-review di dunia maya, lagu ini terdengar lembut tapi pedih. Cukup benar juga sih.

Oiya, ada lagi pendapat saya. Ada beberapa bagian di lagu ini terdengar seperti lagunya Tablo, penyanyi pria solo yang kebetulan sekarang sama-sama di YG Entertainment. Tapi lagi-lagi (dan lagi) tak jadi soal buat saya. Hahaha.. Satu yang saya suka dari lagu ini, TOP bernyanyi tak cuma sekedar ngrap. *Aahh Ayang Tabi ganteng amat dah..* Dan saya senang dengar suara Daesung lagi. Suara doi emang benar-benar keren deh. Pengen rasanya dengar Daesung nyanyi secara langsung.

Berikut review saya tentang video klip yang dibuat di New York Amerika, yaitu 5 orang ini memang cakep-cakep dan model cewek bule cantik juga. Hahaha.. Selain lagu-lagunya, yang buat saya suka dengan boyband ini adalah video klip. Menurut saya, video klip yang mereka buat semua berkonsep dan beda dari boyband yang lain. Kalau menurut saya video klip boyband lain rata-rata isi videonya hanya ngdance saja, sedangkan Big Bang video klip dibuat ada ceritanya dan berkonsep. Oleh karena itu, video klip yang terbaru ini pun juga berkonsep. Walaupun ada sedikit bagian yang mirip dengan video klip lain, seperti ada adegan GD lari-lari kaya di video klip "My Heaven", tapi itu tak masalah karena GD pas lari itu cakep. Hahahaha..

Hal yang menarik dari video klip ini adalah perubahan penampilan dari para personil Big Bang. TOP rambutnya jadi warna toska terang. Daesung rambutnya juga berubah warna jadi blonde. Seungri potongan rambutnya berubah kaya rambut GD dulu tapi agak sedikit aneh sih. Hehehe.. GD cukup berbeda dari foto teaser yang disebarin, karena di video ini GD pake kupluk dan muncul rambut sedikit di bagian poni berwarna kuning. Sedangkan Taeyang tak banyak berbeda tetap berambut mohawk andalannya. Hehehe..

Sekian review saya tentang lagu "Blue" ini. Sekali saya katakan ini hanya pendapat saya pribadi. Jadi kalau ada yang tidak setuju, ya silakan saja. :) Selamat menikmati video klip Big Bang - "Blue".

No comments: