Sunday, October 31, 2010

Cerita Relawan Soulnation Festival 2010

Setelah menjadi relawan di Java Jazz Festival dan Java Rocking Land kemarin, kemarin saya juga menjadi relawan untuk Java Soulnation Festival 2010. Ketiga acara tersebut merupakan bikin dari Java Festival Production, jadinya saya diberi kepercayaan lagi untuk membantu di ketiga acara tersebut.

Setahun yang lalu, saya pernah datang ke acara ini sebagai pengunjung dan saya pernah menulis cerita acara tersebut di
sini. Dan sekarang saya sebagai relawan. Pengalaman yang berbeda.


Acara ini berlangsung dua hari, acara ini khusus menampilkan musik beraliran R n B, hip hop, rapp, dan soul. Mungkin ini acara Java Festival Production paling sepi yang pernah saya lihat. Menurut perkiraan asal-asalan saya, Soulnation sepi karena artis luar yang dibawa kurang dikenal oleh ABG masa kini. Selain itu, karena jaraknya terlalu dekat sama JRL. Alasan terakhir karena sedang terjadi bencana alam dimana-mana, yaitu banjir bandang di Wasior, tsunami di Mentawai, dan gunung Merapi meletus. Jadi bisa dibilang saat ini, Indonesia sedang berduka.


Oke, balik ke Soulnation. Seperti alasan pertama yang saya bilang, artis luar yang dibawa kurang dikenal oleh ABG masa kini, yaitu Simply Red, Les Nubians, Coolio, dll. Memang ketiga artis tersebut bisa dibilang artis angkatan 25 tahun ke atas. Jadi wajar saja kalau para ABG itu ngga tau. Dan yang sangat disayangkan Simply Red itu special show, jadinya ada tiket tambahan lagi buat nonton mereka. Harganya bisa dibilang cukup mahal untuk mahasiswa dan pegawai dengan gaji kecil seperti saya ini. Hahaha..


Di Soulnation ini, saya kembali menjadi koordinator mini press conference, sama seperti JRL kemarin. Tapi kali ini tim berubah, cuma satu orang yang masih tetep yaitu Awan, sisanya ada Norman, Dika, dan Tomy.


Selama dua hari ini, cuma ada 1 press conference yaitu Coolio pada hari Sabtu tanggal 30 Oktober 2010. Satu kata buat orang ini yaitu bawel. Hahaha.. Namanya juga rapper, pasti demen ngocehlah. Terus, ini rapper juga sempet naik-naik ke meja tapi jatuh. Hahaha.. Yaiyalah, tau diri meja buat presscon cuma gitu doang. Cuma papan yang diganjal besi. Dan kayanya si doi juga mabok deh, keliatan gitu teler ya. ;p


Selama menjadi relawan di tiga acara Java Festival Production, di Solunation saya paling banyak nonton artisnya. Yaitu Pandji dkk, Simply Red, Sandy Sondoro, Les Nubians, dan Barry Likumahuwa dkk. Dari semua yang saya suka adalah penampilan Pandji dkk dan Barry Likumahuwa dkk.


Pandji and Angga Maliq & d'essentials


Barry Likumahuwa and All Friends at Soulnation 2010

No comments: