Wednesday, March 7, 2012

Aduuuhh, Grace..

Bisa-bisanya saya dua kali melakukan kesalahan yang berakibat si 'grACEng' alias handphone saya tertimpa musibah.Si 'grACEng' adalah handphone android bermerk Samsung dengan tipe Galaxy Ace. Si 'grACEng' sudah di-upgrade dari froyo menjadi gingerbread dan sudah di-root pula. *Untuk para android mania, mungkin paham dengan penjelasan saya ini. Tapi buat yang bukan android mania, bisa baca ini."

Saya akan ceritakan kebodohan yang saya lakukan. Pertama yang saya lakukan adalah jaringan seluler/mobile networks yang ada di handphone saya mati. Alhasil, handphone ngga bisa dipake dong. Sempet bingung mesti gimana. Dengan resiko hilang semua data-data di handphone, saya pun me-reset ulang si 'grACEng'. Tapi ternyata tidak kembali juga, tetap saja mobile networks tak berfungsi. Huhuhuuuuu..
Minta bantuan abang saya David yang buka jasa betulin handphone, dia bilang ngga ngerti ngutak-ngatik android. Huuuuuu.. Bingung mau tanya siapa lagi. Cari-cari di google juga ngga nemu jawaban. Malahan saya sampai meng-unroot, namun tetap tak ngaruh juga. Saya sih berharapnya ngga perlu ke samsung center, soalnya pasti keluar duit deh. Hahaha.. Pelit.

Kemudian dengan keputusasaan, saya pun mencoba bertanya di isat-android@googlegroups.com, kebetulan saya tergabung di milis tersebut. Ternyata cukup berguna juga gabung di milis ini, padahal awalnya mikir milis isat-android isinya cuma orang-orang nyampah aja. Hehehe..
Kejadian bodoh ini terjadi dari hari Minggu, dan saya mengirim email itu hari Minggu malam. Puji Tuhan, ada beberapa orang yang memberikan masukan dan ada satu orang yang memberikan masukan cukup membantu. Masukan dari agan Gino S cukup buat saya tergerak untuk melakukannya, namun karena ketika menerima masukan itu saya sedang di kantor jadi saya baru bisa lakuin pas di rumah.
Ada kejadian lucu lagi, pas mau ng-flash si 'grACEng'. Saya sampai rumah jam 10, karena sebelumnya saya kuliah dulu. Sampai rumah saya mandi dulu, tapi pas lagi mandi mati lampu. Jaaahhh.. Kalau gini gimana bisa nyalain komputer. Kan ng-flash butuh komputer, terus softwarenya juga mesti download lagi. Listrik mati, jadi internet mati juga lah. Huhuuuuu..

Akhirnya, saya memilih tidur. Dan besok pagi-pagi buta, saya pun ng-flash si 'grACEng'. Puji Tuhan, akhirnya handphone saya kembali lagi berfungsi lagi. Tapi ya nomor kontak pada hilang semua. Hahaha..

Di hari Selasa, kesalahan kedua pun terjadi. Hahaha.. Si 'grACEng' sudah kembali, saya pun kembali mendownload-download aplikasi serta men-root lagi. Kali ini saya men-freeze samsung home, dan tau apa yang terjadi?!!!! Si 'grACEng' ngga bisa masuk ke home, a.k.a ngga bisa dibuka dong. Yaa.. Jadi pas handphone saya matiin, saya nyalain lagi dan yang muncul hanya tulisan 'SAMSUNG' dan tak masuk-masuk ke dalam home handphonenya. *Hadaaahh! Gres gres!*

Lagi-lagi saya baru bisa ng-flash pas di rumah. Pulang dari kampus jam 9, dan sampai rumah disambut dengan listrik mati lagi. Huuaaaaaa.. Ternyata listrik mati dari sore kata orang-orang di rumah. Untung saja, baterai laptop saya masih ada 57%. Akhirnya, si 'grACEng' pun bisa di-flash dan bisa kembali normal lagi.

Pembelajaran saya dari dua kesalahan ini adalah saya ngga mau jadi orang sok pintar ngutak-ngatik android lagi. Kan kasihan si 'grACEng' ya..

1 comment:

Anonymous said...

menarik blog