Friday, September 3, 2010

Rasanya ingin pulang kampung

Terakhir pulang kampung waktu gue kelas 3 SMP, itu juga karna Ompung Boru (nenek), mama dari mama gue, meninggal. Sejak itu, gue tidak pernah pulang kampung. Walaupun gue bukan lahir di situ, tapi orang tua asli dari sana. Tetap ada rasa rindu sama kampung. Kampung gue ada di Sumatera Utara, tepatnya di Pematang Siantar.

Dulu waktu kecil, gue dan keluarga besar cukup sering buat pulang kampung setidaknya setahun sekali. Sedangkan sekarang sudah tidak pernah lagi. Kalau dulu masih ada yang dikunjungi, yaitu Ompung. Sekarang sudah gak ada lagi yang dikunjungi, orang tua dari mama dan papa sudah meninggal dua-duanya. Jadi sudah ga ada alasan untuk pulang kampung bersama satu keluarga besar. Tapi mama dan papa terkadang masih pulang kampung, kalo lagi ada saudara yang menikah atau meninggal. Gue tidak pernah diajak karna biasanya pergi pas gue sekolah atau kuliah dan alasan kedua karna tidak ada duit. Inilah nasib punya kampung di beda pulau, ongkosnya mahal.

Kenapa tiba-tiba rasa kangen terhadap kampung halaman itu muncul dalam diri gue? Entahlah. Gue kangen karna ingin rasanya mengeksplor kampung halaman sendiri, berjalan-jalan dan memfoto-foto. Sebab dulu waktu gue ke sana masih kecil dan belum punya pikiran untuk berpetualang. Waktu kecil dalam pikiran gue, pulang kampung saat bersenang-senang dan bermain sama sepupu-sepupu. Sedangkan sekarang, gue sudah besar dan ingin rasanya mengenal lebih dari Pematang Siantar.

Semoga saja rencana pulang kampung di bulan Desember ini jadi. :)

No comments: