Thursday, January 20, 2011

Pulau Gusung Pandan

Sabtu dan Minggu tanggal 15-16 Januari kemarin saya pergi ke sebuah pulau di Kepulauan Seribu yang bernama Gusung Pandan. Saya bisa ikut trip ini karena diajak bukan teman baik saya, Lucia Nancy aka Ucy. Trip ini dibuat oleh Nikka, temannya Ucy. Perjalanan ini saya betul-betul pergi dengan kenalan baru, ada Nikka, Ami, Ony, Berty, Titiw, Tessa, Dita, Cut, Babang, Wida, Mas Ui, Martin, Ulfa, Nana, Tomo, Mas Nikko, dan peserta paling kecil, Bimo.Pulau Gusung Pandan, mungkin banyak yang tidak tau dimana pulau itu berada. Itupun mungkin terjadi ke saya kalau Ucy tidak menuliskan embel-embel P1000 di judul emailnya. Hehehe.. Yup! Pulau Gusung Pandan itu memang berada di Kepulauan Seribu, Jakarta. Seperti biasa kalau akan pergi ke tempat baru, saya pasti meng-googling-nya terlebih dahulu. Tapi apa yang saya dapat??!! Tak ada yang menjelaskan tentang pulau tersebut, yang saya dapat hanya twit-an dari Titiw dan hasil googling malah nyasar ke Pulau Pandan di Padang, Sum-Bar.

Titik ketemuan dilakukan di Muara Angke dan ini pertama kalinya saya ke sana. Perjalanan yang cukup dari Pasar Minggu ke Muara Angke, terlebih lagi karena saya naik bus transjakarta. Tapi emang dasar saya suka bertualang, perjalanan seperti itu tak jadi halangan buat saya. Hahaha.. *belagu* Harus saya katakan, dari janji kumpul saya datang telat. Maaf ya, teman-teman baru. Untung ga ditinggalin. Hihihi ;p

Waktu yang ditempuh kapal dari Muara Angke ke Pramuka yaitu sekitar 2,5 - 3 jam, kemudian perjalanan ke Pulau Gusung Pandan dilanjutkan dengan perahu kecil yang butuh waktu sekitar setengah jam. Dengan menempuh perjalanan yang cukup lama dan ditambah lagi dengan kondisi ombak yang tidak begitu bagus membuat badan sedikit lelah. Tapi semua itu terbayar dua kali lipat dengan kebahagiaan. Hahaha.. Memang sedikit lebay, tapi pulau ini benar-benar bagus ko'.

Photo by Lucia Nancy

Pulaunya kecil jadi berasa pulau pribadi. Cuma ada satu penginapan dan satu rumah penjaga pulau. Penginapannya itu bisa dibilang di atas laut, ada 4 kamar tidur didalamnya, dan pemandangan dari dalam kamar langsung ke laut. Indaah yaaa. Untuk kamar mandi disediakan, tapi airnya jangan terlalu berharap ya. Saya saja memilih untuk tidak mandi, paling cuma sikat gigi saja. Baru mandi pas pulang dan itu juga mandinya di Pulau Pramuka. Hihihi.. Oiya, selain itu di pulau ini juga tidak ada listrik sama sekali. Jadi malam hari itu gelap gulita, cuma ada bantuan dua lampu gas yang cukup unik buat saya. Karena lampu yang mirip petromak ini bukan pakai minyak tanah, tapi disambungkan dengan gas 3 kg. Kreatif ya. Semoga saja gas 3 kg-nya ga meledak. Hehehe..

Setelah merapikan tas di penginapan dan makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan bersnorkeling di APL (Area Perlindungan Laut). Sejujurnya, saya bukan seseorang yang ahli bersnorkeling. Apalagi ini pengalaman snorkeling saya yang kedua, untung saya bisa berenang walaupun nggak ahli-ahli banget minimal tau cara mengambanglah. ;p Karena kurangnya pengalaman, jadi tak banyak pemandangan dalam laut yang bisa saya liat. :(
Selesai snorkel, mampir dulu ke Pramuka soalnya Nikka mau beli ikan buat dibakar malem-malem. Hal yang seru adalah perjalanan kembali ke Pulau Gusung Pandan. Perahu diajak berjoged sama ombak laut. Coba pas joged diputer lagu kopi dangdut. Kan lebih asik jogedan ya. Hahahaha.. Jogedan selesai, sayangnya perahu tidak bisa merapat ke pulau sama seperti waktu berangkat snorkel. Jadinya mesti jalan di dalam air cukup menegangkan karena kondisi sudah gelap dan ada bulu babi, alhasil harus berhati-hati supaya tidak tertusuk. Puji Tuhan, tidak kenapa-kenapa.

Malam pun dilanjutkan dengan makan malam sambil bersenda gurau dengan teman-teman baru. Hidangan makan malam yang disediakan enak semua. Nyum nyum.. :9
Sempat gerimis, jadi banyak yang memilih untuk kembali ke kamar. Gerimis reda, bakar-bakaran pun dimulai. Walaupun tak semua peserta trip ikut bakar-bakaran, suasana pun tetap rame dan penuh keakraban. Ikan yang paling direbut adalah ikan kambing-kambingan. Namanya lucu ya. :) Kenyang BBQ-an, ngantuk pun datang.

Saya dan beberapa teman memilih tidur di sebuah bangunan yang ada ruangan terbuka. Pas tengah malam sekitar jam 2 ato 3an sempat terjadi badai. Air hujan banyak masuk ke tempat tidur. Untung saja sleeping bag punya abang saya mahal dan bermerk. *sombong* Jadinya air nggak masuk deh, cuma sedikit lembab aja. Tapi cukup menakutkan juga badainya. Hihihi..

Pagi menjelang dilanjutkan dengan berkeliling pulau buat saya. Tapi karena pulaunya kecil, jadi cuma butuh 15-20 menit aja. Hahaha.. Sarapan dan dilanjutkan dengan ngemil pop-mie sambil berfoto-foto.

Saatnya rapi-rapi karena akan pulang. Tapi sebelumnya bersnorkeling dulu di Tanjung Penyu, baru numpang mandi di Pramuka dan pulang ke Muara Angke. Untuk snorkeling di Tanjung Penyu tidak begitu menyenangkan karena ombak yang besar alhasil jadinya capek dan susah buat saya yang pemula ini. Akhirnya, beberapa teman memilih untuk melipir ke perahu termasuk saya. Dan tentu saja kegiatan menarik buat yang memilih duduk di perahu termasuk saya, yaitu maen loncat-loncat dari kapal dan pastinya difoto dong. Hahaha..

Photo from Martin

Setelah puas, perahu menuju ke Pulau Pramuka untuk mandi, bersih-bersih, dan makan siang. Lalu pindah ke kapal yang menuju ke Muara Angke artinya pulang. Ada kejadian yang tak terduga yaitu Nikka, Mas Nikko, Ony, dan Bimo tertinggal kapal karena liat penangkaran penyu. Syukurnya, masih bisa menyusul dengan kapal yang lain.

Perjalanan yang menyenangkan karena berkenalan dengan teman-teman baru yag rata-rata semua sudah memiliki pengalaman ngtrip. Pasti saya senang bisa tau Pulau Gusung Pandan yang bagus. Thanks, Ucy dan Nikka! Ehmm.. Semoga ini jadi awal saya untuk bisa bertualang ke tempat yang lebih seru lagi dan bertemu dengan berbagai kenalan baru. Yiiippppiieee!!!
Photo from Wida

NB: Baca juga tulisan tentang Pulau Gusung Pandan di sini oleh Titiw

titiw said...

Heyho Grace!! Wowww... Senangnya ada yang menulis tentang pulau Gusung Pandan juga! Hahaha.. Btw foto2 udah dishare di FB belum..? Aku mauu! xD Nice writing anyway.. ;)

hihi
terima kasih atas kunjungan, kakak
foto2nya cuma dikit makanya ga aku share di FB ;p

Unknown said...

huaa. iri iriii. aku kangen pantai dan laut nih. :(

ayolah kita mantai lg!
tp jangan ke tidung, ga suka hehe

Diosnardo Rahmanto said...

wah sobatnya nikka juga toh :) salam kenal. mudah2an kapan2 bisa ngetrip bareng

grace my sitorus said...

salam kenal jg. terima kasih uda mampir. semoga kita bs ngtrip bareng *pastinya ikut tripnya nikka* hehe ;)