Thursday, April 22, 2010

Selamat Hari Bumi!

Selain itu, kita juga tidak peduli kalau energi yang kita pakai menyebabkan global warming, dan akan menenggelamkan daratan, serta berpotensi menzaman-es-kan dunia kembali (ayo, cepetan baca atau nonton "The Inconvinient Truth" nya Al Gore) di zaman anak cucu kita nanti.
...
Manusia, adalah satu-satunya spesies yang mampu untuk memusnahkan the survival of its own spesies. Banyak sudah contoh-contoh peradaban tinggi di dunia yang hancur karena ketidakpedulian atau ketidakmampuan manusia dalam mengelola lingkungannya, Aztek, Maya, Pulau Paskah, Anasai, dan lain-lain (baca buku Colapse, tulisan Jared Hamond).
...
Aku teringat film Contact. Aku suka sekali jawaban yang diajukan ke astronomer Ellie Arroway (yang dimainkan oleh Jodie Foster) pada saat ia di tes kelayakannya untuk menjadi orang pertama yang akan bertemu dengan sang alien. Pertanyaannya adalah, "Apa yang akan ditanyakan kepada alien itu, pada saat anda bertemu dengan mereka?"


Ellie menjawab, "Bagaimana kalian melakukan itu? Bagaimana kalian menyelaraskan, mengembangkan teknologi yang sangat maju tanpa menghancurkan kehidupan kalian?"


Yes, destroying ourself, its exactly yang sedang kita lakukan sekarang...



Tulisan ini saya kutip dari novel "De Journal" by Naneng Setiasih. Saya sedang membaca buku tapi belum selesai. (Ntar kalo uda selesai baca saya punya sedikit pendapat tentang buku ini. Tunggu aja ya!) Nah kebetulan saya di kereta pas pulang kantor tadi, bagian inilah yang saya baca. Dan ini sangat mengena karena hari ini bertepatan dengan Hari Bumi.

Kalimat terakhir yang bikin
saya langsung menusuk. (makanya saya gedein ukuran fontnya hehe) Saya di sini bukan untuk berceramah, ini cuma buat renungan aja.

Sekarang terserah kalian sebagai manusia yang menghuni bumi ini. Apa yang kalian mau??


Video by Greenpeace

No comments: